Tuesday, October 21, 2008

Sate domba afrika



Sate domba Africa sejarah :

gw sih dengernya dr temen gw yg tinggal ga jauh dr nih tempat.jadi ceritnya tuh dolo si engko yg jualan ini makanan punya temen dr africa, nah si temen ini bagi2 cerita ttg makanan dia dari daerah asalnya (Africa).katanya mereka dsana makan domba pake pisang (pengganti nasi), ini bukan makanan pokok mereka tp hanya sekedar cemilan.Dan bedanya domba dengan kambing ini, daging domba lebih LOW dia punya Kholesterolnya, so yg punya penyakit dar-ting tp tetep pgn mkn kambing yha cuman ini pilihannya.lokasi :setau gw sate domba Africa ada 3 tmpt :





1. Hayam Wuruk,Tepatnya sederetan sama Gajah Mada Plaza, ga jauh dr Gado2 Cemara dan spanduk dagangannya ada lampu mirip ambulance gitu, gampang dicari.Buka (17.00-malem)


2. Pangeran JayakartaLupa lokasi tepatnya dimana, cumin bukanya dr siang sampe sore (12.00 – 17.00)BM’ers sekalian tinggal tentuin sendiri enaknya mau mkn dimana yha sesuai jamnya.


3. KaretSederetan sama mall Ambassador, tp sebelum showroom motor Yamaha.Bukanya dr siang sampe malam, nah dsini tempat yg sering gw datengin, coz deket dr tempat kerja gw hhehehe..Cara penyajian :Jadi gini loh , walaupun judulnya sate domba tapi cara makannya bukan dengan tusukan sate. Melainkan dr daging domba yg digeprek / dipotong2 trus dihidangkan dengan bawang Bombay.Ada yg khas dr penyajian masakan ini, jadi tuh domba setelah diproses pemanggangan, dimasukin ke panci kecil beserta bawang bombaynya trus diaduk dengan cara di lemparkan ke udara hingga terdengar suara “prekkk…prekkkkk…” (suara alumunium digeprek.red)

4. Seberang museum Textile jln KS Tubun

Lokasinya cukup unik.. karena ga keliatan dari jalanan...Lokasinya di samping museum tekstil yg ada di jalan Tanah Abang...Setelah lewatin museum tekstil.. ada suatu komplek rumah dengan lapangan parkir yang luas.. Langsung masuk aja ke tempat parkir itu.. restorannya terbuka dan ada di sebelah kiri dalam komplek tersebut.ada tempat permanen yg lumayan terbuka, karena ga ada tembok luar nya.. terus ada pembakaran nya dan ada poster Osama Bin Laden di tembok yg punya orang Afrika.. dari Mali kalo ga salah...Kambing nya di bakar, terus dipotong2... di campur sama bawang bombay mentah..disajikan dipiring besar dalam keadaan hangat + nasi putih ... cara makannya yg paling nikmat tuh kalo makan pake tangan..Sambalnya ada di botol.. macam sambal lampung tapi yg ada biji nya.. terus dicampur sama mustard dan kecap manis.. semua dalam botol terpisah... jadi musti ngeramu sendiri.. tergantung selera dehkambingnya empuk banget.. dicocol sama campuran sambel tadi rasanya langsung nyesss.. empuk, ada rasa2 pedas, manis dan asam(mustard).. wah pokoknya mantap..hehehe.. musti cobain deh... makanan kambing paling unik yg pernah gw makan.patokan arahnya.. kalo lu menghadap museum tekstil.. lokasinya ada di sebelah kanan. Ga ada petunjuknya kalo disana ada restoran.. jadi musti tanya2 orang sana kalo nyasar.yg minusnya disini adalah banyak lalat nya... maklum tempatnya terbuka..emang sih dikasih lilin di meja.. cuma tetep aja musti ati2 jgn sampe disamperin lalat..ga recommended buat yg perutnya sensitif/ga cocok sama makanan jalanan. Bisa2 langsung illfill begitu liat lalatnyaga recommended juga buat dibungkus.. dulu pernah beli di bungkus.. sampe rumah jadi alot.. sedih deh..

Cara makan :

Disini bebas milih mau mkn pake nasi atau pake pisang.Kalau lagi laper bgt tentunya pake nasi yha, tp kl buat cemilan yha tentunya pake pisang aja juga cukup.Trus dia punya sambal rasanya EUNAKK BGT!!, maknyus sampe ke kepala berasa kesemutan.Dia punya sambel kita sendiri yg ngeracik, jadi racikannya ada 3 jenis : sambal, mayonnaise, dan kecap. Ketiga jenis itu kita gabungin sendiri ke piring kecil jadi deh rasanya pedes, manis, asin (dr mayonnaise). Tinggal dicocol sm dombanya deh.just FYI : enak juga dicocol pake kerupuk putih.Harga :Per porsi sate dombanya Rp. 35.000,- (lihat pic)Pisang goreng Rp. 10.000,-Ada juga soup domba (ga pernah makan) dan sate jeroan (ga pernah mkn juga)

No comments: